Jalan-jalan · Jogjakarta

Pantai Sundak, Salah Satu Kecantikan Gunung Kidul

Pantai-pantai di Gunung Kidul beberapa tahun belakangan ini katanya menjadi incaran banyak wisatawan, daerah yang dulunya terkenal sebagai Gunung kapur yang gersang dan susah air, kini imagenya berubah menjadi sebuah wilayah yang memiliki banyak tujuan wisata alam. Kalau saya sih, selalu ingat Emaknya Boim di Lupus setiap mendengar nama Gunung Kidul. πŸ˜€

Ada banyak pantai yang indah di Gunung Kidul, hampir semua pantai-pantai tersebut berada di dalam satu kawasan, misalnya saja pantai Indrayanti, Pantai Krakal, pantai Kukup, Pantai Baron, dan yang saya kunjungi kemarin adalah Pantai Sundak, singkatan dari Asu dan Landak karena katanya jaman dulu Ada anjing (asu) dan landak bertarung di situ, masalah siapa yang menang, hanya Tuhan yang tahu, namanya juga legenda.

 

20140324_150042 copy

 

Awalnya pantai yang ingin saya datangi adalah Pantai Indrayanti, tapi setelah ngobrol-ngobrol dengan Mas Adrian, driver yang hari itu mengantar kami keliling GK, katanya kalau Indrayanti bagus karena fasilitas yang lengkap mulai dari restoran hingga penginapan, kalau pantainya lebih bagus di Sundak. Akhirnya kami memutuskan untuk mengikuti saran Mas Adrian saja, karena saya juga belum pernah mendatangi satupun pantai di GK ini dan saya memang ingin mengunjungi Pantai Sundak sejak tahun 2010 *uhuk*. Dan Mas Adrian ini the best driver ever kayaknya, dia bisa mencairkan suasana, ngajak ngobrol dan ngasih banyak referensi Β tentang tempat tujuan yang bisa kami datangi.

Untuk mencapai pantai-pantai di sini, sepertinya sih tidak ada kendaraan umum. Jadi satu-satunya cara ya pakai kendaraan pribadi. Kemarin saya memilih rental mobil dari 24 Transport yang saya dapatkan informasinya dari yogyes.com. Paket tur yang saya pilih adalah ke Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk dan Pantai Baron dengan harga 400 ribu per mobil include driver tapi belum termasuk makan driver dan tiket masuk juga parkir. Nah, ternyata pilihan pantainya ini bisa diganti, karena pantai-pantainya sendiri masih berada di satu kawasan. jadi sebetulnya dengan harga 400ribu itu, kita merental mobil untuk 12 jam, karena tujuannya sendiri bisa diganti-ganti kok (asalkan masih satu kawasan dan satu arah) Kemarin tujuan saya akhirnya ke Goa Pindul dan Pantai Sundak , tidak jadi ke Sri gethuk karena jalanan macet ada pawai partai menjelang pemilu, lalu ke sate klathak Pak Pong dan belanja bakpia pathuk.

Jalanan menuju Pantai Sundak begitu mulus, dan lancar tanpa ada macet sedikitpun. Wajar sih, karena kami pergi pada hari Senin dan bukan hari libur. Katanya sih kalau musim liburan macetnya bisa panjang sekali. Nah Untuk masuk ke kawasan wisata pantai ini, kita harus bayar, tapi saya lupa bayarnya berapa, kalau tidak salah sekitar 11 ribuΒ untukΒ mobil dan orang sekitar 8ribuan perkepala.

Suasana pantainya sendiri mirip-mirip dengan pantai tradisional sejuta umat lainnya. Banyak warung-warung, kamar ganti dan bilas, juga tempat-tempat duduk dan gazebo. Di sini juga banyak sekali pohon-pohon yang rindang jadi kalau tengah hari bisa ngadem sedikit di bawah pohon-pohon ini.

This slideshow requires JavaScript.

Pantai di sini keciil, kecil dalam artian sebelah kanan dan kiri langsung terhalang oleh batu karang raksasa. Jadi kalau datang pada saat musim liburan, saya sih membayangkan kalau Pantai Sundak ini akan padaaat oleh lautan manusia *ihik*

Kemarin kita datang ke pantai ini sekitar jam 12an, itu dia mungkin yang jadi penyebab pantainya sepi, karena saat kita mau nyemplung, segerombolan geng anak muda malah baru selesai main-main air πŸ˜€ . Tapi kami bertiga sih tidak peduli, udah jauh-jauh dari Bandung men, masa mau langsung ngalah sama panas dan matahari.

Jadilah kita main di pantai saat tengah hari yang sebetulnya agak teduh menuju mendung, meskipun saya ngarepnya sih panas aja gak apa-apa kan bagus buat di foto. Untuk baju, kita juga hemat dong, pakai lagi baju yang udah dipakai pas basah-basahan di goa pindul. Biar sekalian kotor πŸ˜€

Waktu kemarin, saya lebih milih untuk puas-puasin main di Pantai Sundak, basah-basahan gak jelas daripada ngelilingin semua pantai yang ada di situ. Soalnya sayang juga sih, karena waktunya menurut saya sempit. Dan pasti rempong abis dong, karena tujuan saya mantai ya buat basah-basahan bukan Cuma menikmati pemandangan aja, jadi daripada abis main terus bilas terus ganti baju terus lanjut ke pantai lain terus pengen basah-basahan lagi terus bilas terus ganti baju terus pindah pantai lain lagi terus gitu aja sampai semua Pantai di GK dijajal, kan ribeet, nanti kena charge 10% dong kita setiap terlambat 1 jam *ini sih yang paling penting* hahahaha.

Akhirnya kita basah-basahan sampai bego deh di Pantai Sundak ini. Mungkin Pantai Sundak bukan pantai yang paling cakep yang pernah saya atau kamu lihat, tapi menurut saya Pantai Sundak ini salah satu pantai yang wajib didatangi, airnya biru turkis dan jernih, pasirnya putih dan lingkungannya masih bersih (ya begitulah, saya payah sekali dalam membuat deskripsi) . Apalagi jaraknya gak terlalu jauh dari Jogja, jadi Β kalau bukan lagi cari pantai-pantai yang masih perawan nun jauh di sana, pantai ini sangat sebanding lah dengan perjuangan dan harga yang kita bayar. πŸ˜€

Nah kalau udah puas di Pantai Sundak kan enak.. nanti kalau ke Jogja lagi tinggal main ke Pantai lainnya lagi. Pertanyaannya… KAPAN AKUH KE JOGJA LAGIIIII KAAAK (T___T)

Advertisements

43 thoughts on “Pantai Sundak, Salah Satu Kecantikan Gunung Kidul

    1. Iya Kakcum katanya gitu, makanya dinamain Sundak πŸ˜€
      Emaknya Boim itu orang Gunung Kidul, dan dia juga sering nyebutin kampungnya itu gersang gitu…hihihihi

      1. Omaga ciusan baru sadar, mesti cari komik lupus nich. Gw blm sampai ke sundak, kmrn jatuh cinta ama pantai sadranan, sempet ke indrayanti tapi rame nya kayak cendol bikin males

      2. wah baru denger pantai Sadranan.. kayaknya pantai di sana banyak banget ya kakcum..o_O soalnya tiap denger cerita orang ttg GK pasti adaaaa aja pantai yang baru didenger untuk pertama kali… πŸ˜€

      3. Waktu itu kita rental mobil. Dan kayaknya nggak ada kendaraan umum juga sih, jadi paling enak sih rental. Biasanya rental2 mobil nyediain paket2 tur gitu kok, enak juga kalau gak mau ribet dan males mikirin tujuan 😊

  1. beberapa hari ini banyak yang posting jalan-jalan ke gunung kidul… pantai sundak ini juga ada. berarti pantainya bagus indah dan cukup terkenal yah?

    1. Iya Bang, salah satu pantai yang lumayan sering jadi destinasi wisatawan *tsaaahhh~
      Ho.oh Pantai-pantai di sana katanya sihhh cakep2, setipe deh sama ini (kalau liat gambar-gambarnya) πŸ˜€

    1. 2010 mah Amartha belum ada yaaa berarti, mantai lagi Mbak Fit biar Amartha nyobain… *ihik*

      aha! ide bagus, nanti aku DMin no hp nya Fajar yaa.. bhahahahahaha πŸ˜€

      btw apa Kabarnya Mbak Fit, kangen postinganmuuh.. semoga pindahan dan printilannya lancar2 ya Mbak *ciyummbacah

    1. kalau ini pantainya udah ga perawan Mbak bee *halah konotasinya gimanaa gitu hahahah*
      cuma udah banyak dikunjungi gitu, tapi lumayan juga sih karena ga jauh dari kota dan aksesnya mudah, untuk liburan singkat, cocoks banget πŸ˜€

  2. Niaaaaa.. Aku cubit kamu ya. Uda enak dooonk sempet ngerasain main di Yogya, nikmatin suasananya, makanannya.. Kek mana aku yang cuma bisa ngiler pantengin blog kamu aja cobak? Huhuhuhu…

    Kalo aku ke situ, ngga mau deh pegi-pegi.. Pasti asyik sendiri maenan pasir. Bahahah πŸ˜€

    1. gpp beb, jadinya kan motivasi. makin panas biasanya makin semangat beb.. jadi aku panas-panasin terus yah… hahahahaha *dicekek*

      Kalau bisa sik kemping aja ya, seru kayaknya

  3. cantiikkk.. pantainyaaa.. aku bukan tipe orang yang suka pantai karena aku ga suka main air dan ga kuat panas.. tapi kayaknya boleh juga d kunjungi kalo ke yogya..

    1. Iya Mbak Fika, buat di liat-liatin juga asik… *kedip-kedip*
      di gunung Kidul juga banyak wisata lain, katanya yang danau-danau atau gunung-gunungan gitu juga ada… Mbak Fika suka gunung ga? πŸ˜€

      1. iya aku lebih suka gunung soalnya lebih sejuk dan ga bikin kulit gosong.. hihihihihi

  4. kapan kapaaaaan….. πŸ˜€
    besok kalau main ke yogya bilang bilang ya nia. Disana memang banyak pantainya tapi jalanya serem karena sempit tapi yang penting hati hati, indrayanti juga kece kok .

    1. iyaa pasti Mbak Ria, kan enak tuh kalau dapet referensi langsung dari orang Jogjanya.. hahaha, aku kemarin kebingungan arah, jalan dan tempat makan yang asik deh Mbak Ria… 😦

      iya ya jalan ke sana serem dan lumayan berkelok-kelok gitu, kalau yang ga biasa pasti gelagapan deh…

  5. Sekarang Sundak dulu, berikutnya ke Yogya lagi ambil pantai lainnya lagi, jadi keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul bisa dinikmati semua tuh πŸ™‚

  6. Pantai di Gunungkidul menyimpan potensi yang eksotis tapi sayang pemerintah daerahnya seakan menutup mata dengan potensi yang ada, akses jalan dri jalan utama ke lokasi pantai masih banyak yang belum di bangun, masih berbatu coyyyy….,tapi ini mungkin yang menjadi sebab pantainya masih terjaga ke alamianya. Kapan kapan main juga di pantai Pok Tunggal mbak, pantai ini juga kueren oii… πŸ˜€

    1. Tapi jalan yang saya lewati relatif bagus loh Mas, dibanding tempat-tempat wisata yang pernah saya datangi di Jabar sini. Emang kecil sih jalannya, tapi mulus, kebayang kalau liburan macetnya bakal kayak apa x)
      Tapi saya setuju juga sih jalannya nggak usah dibagusin buat beberapa pantai yang masih “perawan” biar tetep bagus dan terjaga..
      Iya nih, pengen datengin semua pantainyaa πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s