Jalan-jalan · Jogjakarta · My Vacation

Puas Berenang di dalam Goa Pindul

Saya langsung jatuh cinta saat melihat gambar-gambar Goa Pindul dari halaman-halaman blog dan website yang saya kunjungi waktu browsing mengenai segala hal tentang Jogja. Semakin yakin dengan Goa Pindul ketika Dhea, salah satu teman saya semasa SMA bilang “Ke Goa Pindul deh Nya.. baguuuss banget..”.

03920011
Kita pergi dari penginapan yang ada di sekitar Prawirotaman sekitar jam 7an, dan baru mulai nyebur sekitar jam 9an.. katanya di dalam gua paling bagus itu kalau tengah hari..

Dan saat saya menginjakan kaki di atas anak tangga menuju Goa Pindul, saya semakin jatuh cinta. Pertama-tama jangan samakan saya dengan para traveler yang sudah ke tempat-tempat keren di bumi Indonesia maupun di belahan dunia lainnya. Bagi saya yang baru mulai suka jalan-jalan dan masih sangat amatiran ini, Goa Pindul itu udah menakjubkan bangettt.. hihihihi

Airnya yang yang jernih (eh ijo gini bisa dibilang jernih ga? hihihi)  dan tenang dengan warna kehijauan membuat saya langsung ingin nyemplung. Tanpa berlama-lama, kami bertiga ditemani dengan seorang pemandu bernama Mas Yanto yang baik hati ini, langsung masuk ke dalam air dan tak lupa naik ke atas ban dulu, namanya juga Cave Tubing.

DSCN5171

Dari yang pernah saya baca, Cave Tubing itu intinya menyusuri sungai di dalam gua dengan menggunakan ban dalam, untuk keamanaan selama di dalam sana, kita diharuskan menggunakan rompi pelampung yang sudah disediakan. Kita bisa menggunakan sandal milik kita, atau pinjam sepatu dari sana, tapi menurut saya, nyeker, alias tanpa alas kaki itu udah paling enak bangettt..

Pertama-tama kita bertiga melalu zona terang, yaitu bagian luar gua, setelah itu zona remang, tapi di sana tidak ada warung. Dan yang ketiga ada zona gelap abadi. Gelap sekali dan penerangannya hanya flashlight milik si Pemandu tadi. Dan kemudian zona remang lagi, eh atau zona terang yah?

03920013

Di bagian dalam Goa Pindul ini isinya stalaktit dan stalakmit dengan berbagai macam bentuk dan mitos. Selain itu ada kelelawar juga. Saat di dalam gua, kita diberi penjelasan mengenai stalaktit dan stalakmit ini juga tentang kelelawarnya. Si mas Yanto nya sendiri lumayan lucu dan bisa mencairkan suasana, sehingga perjalanan terasa begitu cepat.

Yang paling saya suka adalah bagian ujung Goa yang cukup luas dan bisa dipakai untuk berenang. Ahhh.. betul-betul syurrrrggaa, airnya sejuk dan warnanya bagus. Karena saat itu betul-betul sepi, kami dibebaskan untuk menghabiskan waktu selama kami mau. Karena sudah jauh-jauh ke sana, kami memanfaatkannya dengan berfoto, berenang dan loncat dari tebing di situ. Tebingnya cetek sih, tapi buat saya yang cupu, lumayan bikin deg-degan.. meskipun akhirnya nagih sampai 3 kali.

DSCN5207
ini keliatan cetek banget ya kalau dari foto, tapi buat saya mah deg-degan bangeet..

Selama di sini, kami bertiga tidak terlalu banyak berfoto, karena terlalu asik berenang dan berloncat-loncatan. Memang lebih enak kalau menggunakan jasa foto dari sana. Bisa fokus bermain tanpa memikirkan berfoto, tapi untuk bertiga lumayan mahal sih, 100ribu kalau hanya 1 destinasi atau 150ribu untuk 2 destinasi. Akhirnya karena si Mbak di depan bilang, bawa kamera aman kok karena tidak ada arusnya, kami hanya dibekali dengan kantong plastik untuk berjaga-jaga supaya kamera tidak kebasahan.

Saya benar-benar puasss di Goa Pindul. Katanya Goa Pindul ini seperti Green Canyon nya Jogja. Saya tidak tahu mana yang lebih bagus, karena saya belum pernah ke Green Canyon. Tapi Goa pindul ini mengobati kekecewaan saya karena gagal ke Green Canyon akhir tahun 2013 lalu.. Apalagi kemarin benar-benar sepi dan kami bebas menikmati Goa Pindul sepuasnya.. (eh, saya sudah bilang ya.. hihihih)

03920026
serasa milik sendiri..

Di Goa Pindul ada 4 operator yang mengelola tur ini. Saya memilih Panca Wisata karena yang muncul di Google ya itu duluan. Saya sendiri baru tahu kalau ternyata ada 4 operator dari driver mobil rental yang mengantarkan kami bertiga ke sana.

Saya menghubungi panca Wisata lewat email, responnya lumayan cepat. Setelah itu saya bilang saya mau reservasi, dan mereka bilang kalau mau reservasi harus DP dulu min 100ribu, akhirnya saya transfer 100ribu, dan sampai di sana saya tinggal membayar sisanya saja, karena selain Cave Tubing ke Goa Pindul, kami juga menambah paket untuk Body rafting di Sungai Oyo.

Untuk harga Cave Tubingnya hanya 35ribu per orang, sementara body rafting di sungai Oyo 45ribu. Saya puas sekali dengan layanan panca Wisata. Staff-staff nya ramah dan pemandu saya, Mas Yanto itu baik sekali, dan benar-benar membantu kami, apalagi dia juga bisa mencairkan suasana. Kalau mau reservasi langsung saja klik di goapindul.com, nanti ada contact personnya dari mulai nomor hp, email hingga pin BBM.

Oh ya, saya emang saltum sih di acara basah-basahan ini, karena baju yang saya bawa sangat terbatas. Baju ini adalah baju yang saya pakai di hari pertama pas pergi dari Bandung, agak-agak bau keringet sih, tapi tersamar kok pas nyemplung dan basah-basahan hahaha… tapi saya sangat kerepotan karena sweater saya ini meski tipis tapi bahannya wol dan nyerep air banget. celana katun agak-agak jeans gitu. jadi kurang mobile.. *ya iyalah berat sama air..*

Dadaaaahhh~
Dadaaaahhh~
Advertisements

36 thoughts on “Puas Berenang di dalam Goa Pindul

  1. Pertama tau goa pindul dari video jalan-jalan men di youtube,
    penasaran kayaknya seru gitu, cuma waktu kemarin terakhir ke jogja gak kesana gara-gara ribet kalo sama orang tua maenan kayak gitu -_-

    Btw, di Pangandaran ada juga tempat serupa namanya Citumang. Udah pernah?
    cuma bedanya di goa pindul kita cave tubing gitu pake pelampung sama ban, kalo Citumang body rafting cuma pake pelampung.

    kalo liat dari foto-foto goa pindul kayaknya Citumang masih lebih bersih dan jernih deh airnya. karena belom banyak terjamah orang juga sih kayaknya.. Pengen aku tulis ah nanti body rafting di Citumang 😛

    1. beluuum cuma pernah liat gambar2nya yg Citumang itu.. denger-denger katanya Jauh banget yaa?? Duh aku mah ke Batu karas aja udah pengen dadah-dadah ke kamera.. jalannya jelek pisan dan jauuuuhhh…

      wajar sih ya kayaknya kalau Citumang lebih bagus, soalnya kl Goa Pindul ini ga jauh dari pemukiman warga, terus akses nya gampang banget pleuuusss jalanannya mulus ke sana. Jadi banyak orang yang ke sana dan ya gitu, cepet kotor deh.. x))

      eh iya, post doooong, pengen tahuuu berikut sama harga-harga nya yah! rikues nih

    2. eh yaa satu lagi, katanya kl cave tubing yang lebih bagus dan alami dan lebih menantang di Kalisuci ram, udah pernah denger belum?
      kalau perginya sama anak-anak muda katanya lebih seru di sana. cobain giiih, nanti kasih tau aku.. x))

      1. Kalisuci baru tau barusan haha, tapi iya sih kalo googling fotonya barusan kayaknya bagusan kalisuci..

        Citumang sebelum batu karas kok kalo dari pangandaran. Jalannya emang jelek tapi puas lah pas nyampe sana. Ini mau di post nih, mumpung gada kerjaan dan lagi rajin hahaha

  2. aku pengen banget kesini pas terakhir ke yogya tapi apa daya baru 3 minggu abis operasi gede jadi gak bisa huhu. Skr udah kejauhan deh dari Medan padahal seru yaa Nya

  3. Iiihhhh, seruuuuu..,!
    Eh, itu kedalamannya berapa tuh, Ny? Aku nggak mungkin berani loncat, wong loncat dr pinggiran kolam renang aja kagak beraniiiii…. hahaha…

    1. hahahaha akupun kalau di kolam renang ga berani mbak fit, kalau disini mah ngeberaniin diri aja, soalnya udah jauh-jauh kesini *tetep ga mau rugi* nanti berani deh kalau disini.. kl si tebingnya itu tingginya paling juga 3 meteran. nah airnya 4 meter dalemnya..

    1. Jaraknya sekitar 1,5 sampai 2 jam kalau dari kota. Ga terlalu jauh kok Mbak Okti. Cobain deh Mbak Okti kalau nanti ke Jogja lagi.. hihihihi.. akses nya gampang banget soalnya. x)

    1. iya mbak Citra, dan katanya tempat ini baru “ditemukan” sama anak-anak UGM yang lagi KKN di sana pas tahun 2010, baru mulai rame tahun 2011. Mbak Citra udah di Spore mungkin yaa pas tahun 2011 😉

  4. Ak kemarin habis ke goa pindul sama sungai oya jugaaaak.
    Mainan terjun2an yg d deket air terjun d sungai oya gak?
    Itu sumpah seruuu bangeeet. Pas terjun berasanya separuh nyawa ilang. Hahahah. Sereeem tapi seruuuu..
    Klo yg d gua ak malah gak terjun2an. Soale masih belum on. Sama takut air jg. Tp gtw deh kesambet apa tetiba yg d sungai oya kog berani aja. Hahaha 🙂

  5. Keren banget emang goa pindul, gue aja kesana ga cukup sekali… tp ada juga sih goa lainnya yg punya kolam dibawhnya, kaya goa haji mangku letaknya emg jauh sih hehee tp kerennya sebanding banget lah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s