curhatsampah

Klarifikasi Penipuan yang Saya Alami di Bulan Juni (Case Closed)

Mungkin banyak diantara teman-teman saya baik yang sesama blogger maupun teman-teman biasa di twitter atau facebook yang pernah membaca kronologis penipuan yang saya alami. lengkapnya bisa dicek disini sekaligus dengan tata cara melaporkan penipuan oleh online shop.
Jadi permasalahan penipuan ini sudah selesai. Uang sudah direfund tanpa kurang sepeserpun.

Hari Rabu kemarin, saat saya mengecek handphone di pagi hari sebuah notifikasi masuk dari wordpress. Saya langsung membukanya. Isi komen ini membuat saya deg-degan. Apakah saya akan mendapatkan masalah yang lebih besar, atau saya akan mendapatkan hasil dari usaha saya yang sudah saya lakukan sebelumnya?

Achmad Makki, orang yang pernah saya tuduh sebagai penipu, mengirimkan sebuah komen di blog saya ini. Untuk komennya sendiri sudah saya moderasi dan demi kebaikan bersama, komennya tidak saya approve karena dia melampirkan nomor handphonenya disitu.

komen ini yang dikirimkan oleh Achmad Makki, and it made my day :)

Mungkin sebagian orang akan menganggap saya munafik yah, setelah saya mengata-ngatai dia di postingan sebelumnya, sekarang saya memanggilnya dengan sebutan “Mas” supaya lebih sopan. Bagi saya sendiri ini saya sebut attitude. memang betul karena dia telah mengembalikan uang saya. Apalagi dalam posisi dia tidak bersalah. Jadi sudah sepantasnyalah saya yang tidak 100% innocent ini menunjukan Β respek terhadap Mas Achmad Makki ini. Dan tidak bisa dipungkiri kalau saya juga malu dong… HAHAHAHA..

Oke, jadi begini. Intinya Mas Achmad Makki ini adalah seorang server pulsa yang bernama ZAMA RELOAD. Ini server pulsa betulan asli. Nah, dia punya seorang pelanggan sebut saja namanya Yoga. Dialah yang menjadi penipu. Entah transaksinya bagaimana, yang jelas dia bertransaksi dengan Mas Achmad Makki ini kemudian MEMBAYAR DENGAN UANG YANG SAYA TRANSFERKAN LANGSUNG KEPADA MAS ACHMAD MAKKI.

Laluuu… karena di komennya dia meninggalkan nomor handphone, saya langsung mengirimkan sms singkat yang menjelaskan kalau saya Nia dan silahkan kalau mau menghubungi saya bisa langsung ke nomor yang saya pergunakan untuk sms. Percakapan kami lancar-lancar saja tuh. Pertama-tama saya ditanyai bagaimana kronologisnya. Saya menjelaskan kronologisnya yang sudah saya hafal di luar kepala sejak laporan ke kepolisian, ke Bank hingga curhat disini.

Dia juga menceritakan kalau baru belakangan ini banyak laporan tentang kasus penipuan yang menggunakan nomor rekening atas nama Achmad Makki itu. Mulai dari laporan polisi sampai komplain individu dari korban-korban si Yoga ini. Dan kalau saya tidak salah tangkap sih, katanya si pelaku sudah berhasil diciduk. Sekarang Mas Achmad Makki ini sedang mencari para korban untuk melakukan pengembalian uang.

x1
klik pada gambar untuk melihat langsung facebook penipu aselinya yang paling-paling sebentar lagi juga nonaktif…

Saya ditanya dong yah berapa jumlah uang yang saya transfer, dari rekening atas nama siapa dan juga tanggal berapa saya transfer. Datanya masih tersimpan. Lalu dia meminta saya untuk mengirimkan nomor rekening sehingga dia bisa merefund uangnya sesegera mungkin. Setelah saya sms nomor rekeningnya, tidak berapa lama kemudian uangnya masuk dan Mas Achmad Makki ini menelepon kalau uangnya sudah dikembalikan.

Perasaan saya bagaimana? BAHAGIA! Β Saya juga tidak lupa dong mengucapkan terimakasih banyak karena dia bisa dibilang sebagaiΒ korban juga dan punya itikad baik dengan melakukan refund. Dan tidak ada tuh perdebatan. Saya senang sekali tanggapannya sangat baik.

Sebetulnya sebelum ada komen dari Mas Achmad Makki ini, ada seorang laki-laki yang mengirimkan komen ke postingan saya. Sudah saya hapus tanpa di konfirmasi. Dia membalas semua komentar dari orang-orang yang komen di postingan saya sebelumnya, tentang penipuan yang saya alami ini dengan mengatakan kalau Achmad Makki ini hanya korban. Tapi saya kurang suka sih kata-katanya, meski tidak ada hinaan, tapi dibacanya agak ofensif *maklum mbaknya sensitif.. X)*. Dia juga mengatakan “Parah banget nih postingan di nyapurnama.com , menuduh yang tidak benar. Achmad Makki, dia cuma korban bos..”

Langsung saya hapus karena saya tidak mau ada drama di komen postingan saya. Dan juga kalau saya tanggapi paling ujung-ujungnya jadi meributkan hal yang tidak jelas. Pertama karena dia bukan Ahcmad Makki, orang yang saya cari, kedua karena dia belum tentu bisa dan mau membantu saya. Mungkin saja sih dia temannya Achmad Makki ini. Tapi kalau memang niat mau memediasi saya dan Achmad Makki, seharusnya langsung saja hubungkan saya dengan Mas Achmad Makki, bukannya malah menuduh nyapurnama.com mengatakan hal yang tidak-tidak. Karena yang saya alami ini, hal yang iya-iya… *apa sih*. Lagipula manalah saya tahu kalau Mas Achmad Makki ini juga korban…

Enihauuuu.. Saya lega masalahnya akhirnya selesai. meskipun saya sudah move-on tapi rasanya senang sekali ketika usaha yang saya lakukan ternyata membuahkan hasil. Semoga saja masalah mas Achmad Makki juga segera selesai dan nama baiknya segera kembali. Lumayan loh itu kalau googling dengan pencarian Achmad Makki, hasil yang muncul 80% isinya kasus penipuan.

Dan sekali lagi dengan segala kerendahan hati yang saya miliki *tsaaah* Saya memohon maaf kepada Mas Achmad Makki atas postingan di blog saya sebelumnya, karena masalah ini sudah clear, postingan mengenai “Kronologis Penipuan yang Saya Alami” sudah saya edit. Saya juga mengucapkan terimakasih banyak untuk semuanya. Mulai dari niat baik, usaha mencari para korban sampai mau menghubungi saya duluan serta proses refund yang begitu mudah tanpa embel-embel apapun. Semoga musibah yang dialami oleh Mas Achmad Makki bersama Zama Reload segera selesai, dan pelaku sebenarnya semoga lekas dibakar di kerak neraka paling bawah…

Semoga kejadian ini juga bisa membuat korban penipuan tidak ragu untuk melapor ke polisi, membagikan pengalamannya kena tipu, membuat surat terbuka, atau bahkan hanya menulis sebuah blogpost. Meskipun kecil, saya yakin kok usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Kalau mungkin penjahatnya tidak tertangkap, atau kerugian yang sudah kita alami tidak bisa dikembalikan, setidaknya bisa memberikan informasi kepada orang lain tentang kejahatan yang sudah dilakukan oleh pelaku. Atau kalau kasusnya seperti saya dan Achmad Makki ini, kan bisa jadi informasi untuk pihak yang nomor rekeningnya disalahgunakan, supaya lebih cepat ketahuan. Bukti Transaksi, chat history dan kalau bisa identitas seller, itu penting sekali. Kroscek dahulu. Jangan seperti saya dan Fajar yang langsung gabres ajah..

Dan terakhir, saya senang akhirnya setelah sekian lama saya “nyampah” di blog, berguna juga πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Postingan ini saya buat atas kesadaran saya sendiri, tanpa paksaan siapapun. Dan saya ketik sambil sedikit malu-malu…. x)

22 thoughts on “Klarifikasi Penipuan yang Saya Alami di Bulan Juni (Case Closed)

  1. Kalo aku yang di posisi Mak Nia, tentu akan kukasih kesempatan untuk komentar” yang sebenarnya bertujuan untuk meluruskan itu. Tanpa harus menghapusnya. Sehingga ketika pikiran Mak Nia sudah jernih, bisa membalas komentar dengan baik pula. Dan tidak harus malu” saat menulis klarifikasi ini.

    Syukurlah semua selesai dengan baik. Kasihan juga Mas Achmadnya. πŸ™‚

      1. Hehe… dimaklumin, Mak. Ida juga kalo sensinya lagi kambuh suka berbuat yang dibenci orang lain. Mudah”an setelah ini bisa lebih hati” lagi.

        Sukses ya, Mak…

  2. wah .. bersyukur ya mbak, usahanya berhasil, semoga postingan ini menginspirasi yg lain yg mungkin jadi korban penipuan untuk tak ragu ragu berusaha melakukan hal yg sama ya mbak, nggak didiemin saja

  3. Saya baru aja menjadi korban penipuan yg kronologisnya hampir mirip kaya gini jg nih
    Jadi ada orang pihak ketiga (penipu) yang mengaku2 sebagai saya dan memanfaatkan uang hasil transferan saya, jadi di kasus saya ini ada 2 korban yakni saya sendiri dan pihak lain (seperti Achmad Makki)
    Di kasus mbak ini si pelaku yg sebenernya berhasil terciduk setelah brp lama ya?
    Beruntung sodara Achmad Makki orangnya kooperatif dan mau merefund uang kembali, semoga saya jg ya πŸ™‚

    1. Hmmmm… saya lupa Mas, kayaknya sekitar sebulanan deh, soalnya saat itu saya udah lupa tiba-tiba dapat notifikasi dari Achmad Makki yang komen di sini πŸ˜€
      Mudah-mudahan masalah Mas Denny juga cepat selesai ya, dan uang korbannya dikembalikan, saya yakin kok sesama korban insya Allah kooperatif πŸ™‚

Leave a Reply

