my events

Braga Festival, Acaranya Urang Bandung….

DSCN4590

Braga Festival adalah sebuah event tahunan yang tidak pernah sepi pengunjung. Wajar saja, bertempat di pusat kota dan di jalan yang super ngeheeeittz tentu membuat semua warga bandung sampai turis domestik dan mancanegara penasaran. Rasanya takjub melihat animo masyarakat bisa setinggi itu, dan acara ini bikin saya merasa makin sayang sama Bandung. Karena banyak cemilan unyu dan enak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jalan Braga, dan Cikapundung timur ditutup dari kendaraan untuk dijadikan areal festival. Booth-booth yang dibuat khusus hanya ada di jalan CIkapundung dan Jalanan di samping gedung merdeka (apa yah itu namanya lupa.. masih Jalan Braga kah..). Sementara di sepanjang jalan Braganya penuh dengan pedagang kaki lima yang hanya bermodalkan meja atau gerobak, bahkan ngemper. Jumlah pedagangnya betul-betul banyak. Mulai dari yang menjual sepatu, pakaian,makanan, hingga jasa tattoo berkumpul jadi satu. Ini Jalan Braga atau Gasibu di pagi hari ya.. Dan jenis makanan yang paling banyak dijual adalaaaaaahhhh….. Sosis Bakar. Mulai dari yang menjual di Booth, yang bergerobak hingga yang bermodalkan meja semuanya menjual Sosis Bakar, dan tidak ada yang sepi.

DSCN4585
Booth-booth ini ada di Jalan CIkapundung

DI setiap sudut jalan ada panggung besar, di panggung ini ada berbagai macam penampilan yang tidak bisa saya sebutkan dengan pasti karena saya tidak menonton satupun pertunjukkannya. Yang jelas banyak anak-anak yang memakai kebaya fullset, jadi saya berasumsi kalau panggung-panggung ini menampilkan berbagai macam pertunjukan seni yang pesertanya datang dari berbagai komunitas dan sekolah. SD YWKA, tempat semua keluarga saya sekolah juga mengirimkan team rampak gendang nya hari Jum’at kemarin.

??????????

Nah yang paling asik adalah ruas jalan Braga. Saya suka sekali dengan jalannya yang dipaving block, kalau hari hari biasa kan disini macet nya naujubileh karena jalanannya yang kecil, ditambah bahu jalan yang dijadikan tempat parkir, lalu jumlah kendaraan yang lewat banyak sekali. Kemarin, saat acara ini digelar disinilah yang paling padat. Ada 2 panggung kecil dan satu panggung besar. Di tengah-tengah jalan dijadikan tempat eksebisi dari para pelukis. Mereka melukis di tengah jalan dan sesuai dengan tema merekaย Momento Mori, lukisan yang dibuat dipersembahkan untuk seniman Bandung seperti Mang Koko, Nano S, Darso, Tati Saleh, Euis Komariah, Nike Ardila, Deddy Stanzah, Harry Roesli, dan sumpeno Braga Stone. Braga City Walk pun disulap menjadi tempat pameran dan pada bagian depan di dekorasi dengan pagar bambu dan memajang foto-foto para legenda tadi. DIsini, komunitas-komunitas dari Bandung menggelar spot dengan meja untuk memperkenalkan komunitas mereka. Rata-rata sih komunitas fotografi. Teman-temannya Fajar dari Bandung Birding, para fotografer yang hobi memotret burung dan Komunitas Lensa Manual pun ada disini.

??????????
Braga City Walk yang hampir selesai di renovasi ini di dekorasi dengan apik

Perhelatan Braga Festival yang diadakan setiap tahun bagus sekali bagi komunitas yang ingin memperkenalkan kegiatannya. Selain itu panggung yang disediakan tentunya jadi ajang unjuk gigi band-band lokal, anak-anak kecil dengan kegiatan ekstrakulikuler nya dan bisa jadi ajang untuk memperkenalkan kesenian sunda.

Sayangnya, seperti yang saya bilang tadi terlalu banyak pedagang terutama di ruas jalan Braga. Banyak komentar yang saya baca di twitter. Katanya ini Braga Festival atau CFD Dago, banyak banget yang jualan sosis bakar? Karena banyaknya pedagang ini juga agak sedikit menyulitkan ketika berjalan. trotoar penuh, jalanan juga penuh. Tapi mungkin juga kalau tidak begitu, Braga Festival tahun ini tidak akan ramai oleh pengunjung ya, ย karena seingat saya, Braga Festival tahun kemarin agak-agak kranci, alias garing.

Dan eniwei, Selamat Ulang Tahun Kota Bandung, semoga orang-orangnya makin sayang kamu. Makin mau menjaga kamu, dan semakin sadar kalau Bandung yang super hectic ini sedang minta pertolongan dari masalah sampah, banjjir hingga kemacetan ^_^

Advertisements

22 thoughts on “Braga Festival, Acaranya Urang Bandung….

    1. iyaaaa beneeer mbak! x)
      kemarin itu kan penuh banget jadi akhirnya orang2 cuma bisa jalan aja kesana kemari, karena susah banget cari tempat untuk duduk biar ngemper gitu dan menikmati suasana… pasti ujung-ujungnya langsung pada pulang setelah lihat keadaan. ๐Ÿ˜

  1. Ada Braga Festival di Braga, ada event juga di Gasibu, ada pameran juga di Graha Mandala Siliwangi. Dan Sabtu kemarin itu macetnyaa.. Aku jemput anakku ke Dago, yasudah deh terjebak ๐Ÿ™‚

    1. whoaaaaa ga ada acara aja bandung pas weekend mah macet terus, apalagi event nya banyak gitu, macetnya pasti nyabarrr x)
      kayaknya cuma daerah sudirman aja yang nggak macet pas wiken hihihihi.. sabar sabar ya mbak Tituk x)

  2. Minggu kmrn aku mudik, Ni. Jadi nggak sempat kesana. Tapi efek braga ditutup itu ampuunnnn deh, jumat pagi aja maceeetttt! Untung bagindaraja nggak telat! Haha..
    Iya, banyak yg protes ya katanya. Festival bdg, kok sosis yg banyak dijual? ๐Ÿ™‚

    1. pasti yang kerja di daerah sana males banget ya Mbak Fit, hari biasa aja udah macet apalagi kalau ditutup.. hihihihihi…
      padahal bagus kalau banyak makanan tradisional ya mbak, sekalian ngenalin sama anak-anak muda kayak aku yang ga pernah tau bajigur, bandrek, ranginang *padahal makan tiap hari* huahahaha x)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s