curhatsampah · hot issue · TIPS

Hati-hati, Penipuan Gaya Lama dengan Sedikit Modifikasi

Pagi ini tiba-tiba dibangunkan oleh suara sms. Saya paling malas kalau sudah ada sms karena fungsi sms kini sudah beralih menjadi tempat curhatanya provider, tempat iklan sampah, dan yang terakhir sarana menyalurkan bakat para penipu. Nah kebetulan pagi ini saya mendapatkan sms yang ketiga, penipuan.

Mungkin kelihatannya saya seperti terobsesi dengan postingan tentang penipuan. Karena sudah ada lebih dari 3 post yang membahas penipuan, tapi ini isu yang cukup penting loh karena ternyata masih ada saja yang tertipu oleh telepon yang menyatakan kita mendapatkan hadiah uang, tapi harus transfer dulu sejumlah uang (ada salah satu komen di postingan saya yang ini). Jadi kalau teman-teman merasa tidak akan tertipu dengan sms model apapun, sebaiknya beritahukan kepada sanak saudara terutama yang sudah orangtua 😀 .

Nah, mungkin mentemen yang sudah punya email sejak zaman firaun masih jualan karet gelang, pernah kan mendapatkan email scam yang isinya seorang pangeran dari Nigeria keluarganya dibantai lalu punya sejumlah harta untuk diinvestasikan. Supaya tidak diketahui siapapun, dia membutuhkan seseorang dari luar negeri yang benar-benar bisa dipercaya. Dan suatu hari dia akan menjemput investasinya. Kadang si pangeran Nigeria ini berubah jadi warga Inggris yang tinggal di sebuah negara di Afrika, ceritanya beda, tapi tujuannya sama.

Kali ini seorang warga Indonesia yang tinggal di Malaysia hendak bercerai dari istrinya. ia memiliki aset sebesar 2juta RM. Dan dia membutuhkan orang yang bisa dipercaya untuk menyelamatkan asetnya tadi, karena dia hidup sebatang kara setelah bencana Tsunami di Aceh tahun 2004 lalu.

Capture7_59_39

Capture7_59_55

Capture8_0_3

Iya sih penipu sekarang semakin kreatif dan memiliki banyak referensi metode tipu-tipu. Apalagi kita bisa melihat disini nomor yang sms adalah nomor Indonesia, sementara yang harus dihubungi adalah nomor Malaysia, berarti kejahatan ini cukup terorganisir kan. Yang penting kita berhati-hati ya, pakai logika saja, di jaman yang susah seperti sekarang, mana ada sih yang mau memberikan uang atau menitipkan uang dengan cuma-cuma. Kalau memang ada, entah orang itu kaya banget atau bodoh banget.

Mudah-mudahan kalau tidak ada yang percaya dan mereka tidak mendapatkan mangsa, praktik tipu-tipu macam begini bisa musnah dengan sendirinya dan si tukang-tukang tipu memilih untuk bekerja layaknya orang normal. Ngarep boleh kan ^_^

Advertisements

29 thoughts on “Hati-hati, Penipuan Gaya Lama dengan Sedikit Modifikasi

  1. Reblogged this on ~ndutyke and commented:
    One of the oldest tricks in Nigerian scam. Biasanya yg gini-gini ini di email. Sekarang udah merambah ke SMS. Dan namanya pun sering sama. Kalo yg perempuan, namanya CITRA ato RIA, udah gitu-gitu aja. Seringnya pun mereka translate dr versi Inggris ke Indonesia pake google translate. Jadi bahasanya aneh beyudzh, zzzz…..

  2. ada lagi penipuan untuk anak kosan. ada yg ngaku2 kalau kosannya dijual jadi kalau mau bayar kosan harap transfer ke nomor yg nge-sms. ckckckck… semakin menjadi-jadi saja para penipu ini *annoyed*

  3. saudara” sekalian, tadi siang aku kena tipu, aku sebagai mahasiswa baru, penipu berkedok menjadi petinggi kampus, dan ditelponlah saya, karena biodata saya diketahui dan bahasa yang meyakinkan, maka saya tranfer uang saya lewat atm, setelah sadar ditipu dan di cek di internet ternyata no itu teratas banyak nama, infonya dong, bisa gak uang kita kembali lw lewat jalur” permohonan ke bank?

    1. iya mas, emang banyak sekarang yang mirip2 kayak gitu. sodara saya diitlp katanya anaknya kecelakaan. mulai dari nama, wali kelas, kelas nya dia sampai di lantai berapa kelasnya itu penipu tahu. tapi alhamdulillah waktu itu di kroscek dulu, ternyata sepupu saya malah baik2 aja..
      sepertinya bisa mas, coba telepon customer service bank nya. permohonan pemblokiran bisa untuk kondisi apa aja kok baik penipuan online atau offline. semoga berhasil ya mas 🙂

  4. ih samaa… pernah dapet sms kaya gini..
    sering juga dapet sms menang undian mobil, dan dikasih link webnya dia… dan lucunya webnya itu misalnya indofood, dia bikin indofood.blogspot dot com hahaha….
    lebih sering lagi sms minta pulsa (masih ada loh sampe sekarang!)
    Dan kemarin temenku dapet email dari Blackberry Indonesia katanya, dapet mobil, pajak udah ditanggung, katanya. Wah tumben nih…. etapi ternyata teteup… harus bayar biaya balik nama, hahahha…

  5. Saya juga pernah di sms , di telpon dan di email, tapi gak dianggapi , malah ada email dari afrika saya balas emailnya begini ” i don’t believe if you have more money, your country very poor and dry, lol “

  6. Kalo saya pernah dapet telpon , ngaku2 dari perusahaan apalah.
    Bilangnya dapet hadiah , waktu itu saya maki2 orangnya via telpon. Sampe ngancem2 nyantet segala.
    Jadi waspadalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s