Cullinary

Jalangkote, Kue Pastel dari Makassar

yang printilan nya acakadut itu bikinan saya, yang cakep berarti buatan kakak ipar saya...
yang printilan nya acakadut itu bikinan saya, yang cakep berarti buatan kakak ipar saya…

Karena lagi banyak banget kerjaan, saya posting draft-draft lama yang siap post tapi belum sempet di posting deh, daripada mati suri. Maapkeun belum sempat berkunjung balik atau mengunjungi postingan baru di blog mentemen *sungkem satu persatu*

Setiap saya ke Makassar dan mampir ke rumah Kakak ipar. Saya selalu disuguhi banyak cemilan. Iya, ditengah-tengah kesibukannya sebagai guru yang tempat ngajarnya di ujung dunia beliau ini jago masak dan bikin kue. Kalau ada tamu, pasti selalu menyempatkan diri untuk bikin kue. Pokoknya siap-siap perut kosong deh kalau mau kesana. Nah, Diantara semua camilan yang tidak pernah absen adalah Jalangkote. Tapi setiap kesana saya belum pernah makan Jalangkote yang dijual di toko+toko, Jadi saya tidak bisa membandingkan. Kalau ada yang mau menambahkan atau memperbaiki pengetahuan saya tentang per-Jalangkote-an, silahkan looh *kedip*

Untuk yang ingin mencoba, kue ini lumayan banyak dijual di toko-toko kue Makassar, tapi yang paling mudah didapat itu di sekitaran Jalan Poros Maros-Makassar. Disana banyak toko yang khusus menjual Roti Maros, Air Tahu alias susu kedelai dan Jalangkote ini.

Sebetulnya makanan ini tidak jauh beda dengan kue pastel. Kalau kue pastel isinya wortel dan bihun, kalau Jalangkote ini isinya kentang dan wortel yang dicincang halus dadu plus toge dan telur yang sudah dipotong-potong. Jalangkote ini juga dihidangkan dengan sausnya yang agak encer.

Sepertinya sih kue pastel ini memang banyak jenis dan modifikasi nya di setiap daerah. Saya pernah membaca postingan di sebuah blog tentang kue khas Manado yang saya lupa namanya. Bentuknya persis seperti pastel dan Jalangkote ini tapi isinya ikan cakalang. Kebayang deh betapa gurihnya kue pastel yang diisi ikan cakalang.

Apa ada lagi ya di daerah lain yang punya kue pastel dengan nama yang berbeda dan isi kue nya berbeda juga? πŸ˜€

8 thoughts on “Jalangkote, Kue Pastel dari Makassar

Leave a Reply

