Liburan di Makassar · My Vacation · Rumah Makan Sederhana · TIPS

The Guilty Pleasure : Sop Konro “Wahyu”

Ehem, kalau membicarakan kuliner khas Makassar, pasti yang langsung terlintas adalah coto dan konro. Meski kuliner Makassar tidak melulu tentang per-dagingan tapi coto dan konro lah yang biasanya langsung terlintas di dalam benak para pemburu kuliner.

yummy juicy Konro di RM WAHYU.. ihiiy
yummy juicy Konro di RM WAHYU.. ihiiy

Konro adalah sop daging iga sapi yang dimasak bersama  bumbu yang kaya rempah. Warna hitam yang khas berasal dari kluwek dan bumbu nya yang kuat berasal dari ketumbar (kata wiki)  walau wujud kuahnya seperi coto, yang terasa di lidah saya adalah coto rasanya lebih ke kacang sementara konro lebih ke kelapa dan ketumbar itu. Karena saya bukan Pak Bondan (mungkin lebih ke Benu Buloe) Saya baru bisa menikmatinya saja tanpa banyak komentar *uhuk*.

RM WAHYU - Konro Spesial - Batangase - Maros
RM WAHYU – Konro Spesial – Batangase – Maros

Sebagai informasi tambahan, Orang-orang Makassar sering menyebut bagian iga sapi dengan β€œpakonroang” yang artinya bagian untuk dijadikan konro. Per-konro-an mungkin ya maksudnya CMIIW.

Kembali ke topik

Salah satu konro terbaik di Makassar yang terkenal adalah Konro Karebosi. Konon katanya disinilah konro pertama yang disajikan dengan cara dibakar. Memang sih Konro Karebosi ini enak, makanya kalau berencana makan disini jangan datang tepat saat jam makan kalau tidak mau hectic dan merasa ditunggui saat makan. Penuh sekali bok!

Kemarin saya baru mencoba konro lain selain di Karebosi. Sepulang dari rumah Kakak ipar di Maros, Fajar mengajak saya makan konro. Katanya tempat makan yang akan kami datangi ini adalah langganan mertua saya. Judul rumah makannya adalah Konro Wahyu.

tempatnya di samping rumah tinggal, langsung masuk saja ;)
tempatnya di samping rumah tinggal, langsung masuk saja πŸ˜‰

Kalau dilihat dari tempatnya sih, mungkin kurang meyakinkan karena terlihat kurang serius. Tempatnya disamping rumah biasa dan setiap lewat kesitu selalu terlihat sepi. Tapi jangan khawatir, saya sering lihat tempat makan sepi di Makassar, tapi setelah saya datangi da mencoba makanannya ternyata enak kok. Yang sepi belum tentu tidak enak, yang ramai belum tentu enak. Tapi yang sepi belum tentu enak juga sih x) *dikepret*

Saat memesan, cukup bilang saja berapa porsi yang kamu mau, karena tidak ada menu lain, jadi yang kamu pesan pastilah sop konro.

Mula-mula ibu penjual konro menyajikan satu keranjang telur asin dan 4 piring nasi porsi normal, baru beberapa menit kemudian, sop konro pesanan kami datang.

begitu datang langsung disuguhi telur asin, 1 porsi konro dan 2 piring nasi. tapi 1 piring saja sudah kenyang sekali...
begitu datang langsung disuguhi telur asin, 1 porsi konro dan 2 piring nasi. tapi 1 piring saja sudah kenyang sekali…

Satu mangkok rata-rata berisi 4 tulang iga. 3 ukuran kecil dan 1 ukuran monster. Setelah menambahkan jeruk nipis dan sambal, saya langsung siap menyantapnya. Rasanya enak. Kuahnya sedap dan gurih, sementara dagingnya sangat empuk. Belum lagi tulangnya bisa kita sedot-sedot. Tapi kalau bisa habiskan selagi panas atau hangat. Karena kalau tidak beruntung, bisa saja kita mendapatkan iga yang agak berlemak. Jadi kalau dingin sedikit lemak-lemak ini akan menempel di langit-langit mulut kita. pasti akan merusak selera makan kita secara kontan.

Setelah selesai makan dan membayar, ternyata 2 porsi konro tadi hanya dibandroll 20.000 rupiah saja per porsi nya. Saat kami mengatakan kalau kami menghabiskan 3 porsi nasi dari 4 yang disediakan, dia bilang semuanya sudah berikut 4 porsi nasi yang sejak awal sudah dihidangkan. Wah baiknyaaa., saya kira nasi nya dihitung satuan. Pasti si ibu nya punya sawah nih.

Sedikit tips, menurut saya Sop Konro sama sekali bukan makanan untuk ngedate, apalagi untuk kencan pertama. Bisa-bisa sisi barbar kita akan langsung terlihat oleh gebetan kita. Selainn porsi nya yang aduhai (karena katanya porsi makan orang Makassar itu ya harus seperti ini, supaya sekalian kenyang) kegiatan menggerogoti tulang bisa jadi bikin ilfil buat sebagian orang. Jadi lebih baik cari makanan lain saja kalau kencan, hihihihi

nih yang mau delivery ada nomor teleponnya x)
nih yang mau delivery ada nomor teleponnya x)

Lokasi Konro Wahyu ini ada di Jalan Poros Makassar Maros. Tempatnya sih seperti rumah biasa karena memang warung konro ini ada di samping rumah tinggal. Kalau dari arah Makssar, warung Konro ini ada di sebelah kanan. Jadi kalau kalian lewat, Konro Wahyu ini layak dicoba πŸ™‚

Advertisements

32 thoughts on “The Guilty Pleasure : Sop Konro “Wahyu”

  1. ngileerrrrrrrrr lihat fotonya πŸ˜›
    aku belum pernah menikmati coto dan koro, jd cuma bisa membayangkan rasanya, apalagi kl pedes ya .. yummmyyyyyyyy πŸ˜›

  2. Makassar terkenal sebgai penghasil bandeng di Indonesia Timur, Jika ke Makassar, ada oleh2 khas makassar untuk hadiah teman/kerabat, yaitu abon ikan bandeng assyifa, rasa nya khas ikan bandeng, darpda beli ikannya, mending beli abonnya, dapat diperoleh di Toko ole2 sekitar Jl. Somba Opu, Jl Datu Museng, Jl Pasar Ikan, dan di Toko ole2 sudiang depan Pompa bensin serta toko ole2 karaeng Jl. Bawakaraeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s