Liburan di Makassar · my events · My Vacation · pikiran2saya

Makassar Traditional Games Festival

Kalau tidak salah 2 Minggu yang lalu ketika saya masih liburan di Makassar, saya menghadiri sebuah acara yang cukup menarik yang diadakan oleh Komunitas “Jalan-Jalan Seru” Makassar. Acara ini dilaksanakan di Benteng Somba Opu, tepatnya di kompleks Rumah Adat Gowa. Oh ya, acara ini Makassar Traditional Games Festival.

Menurut pesan berantai yang didapatkan Fajar, Acara ini sendiri diadakan berlatar belakang kegelisahan anak-anak muda ini akan permainan rakyat yang nota bene nya adalah warisan leluhur tapi sekarang sudah jarang sekali dimainkan. Maka diadakanlah acara ini.

Yang datang cukup banyak loh. Rata-rata sih anak-anak mahasiswa yang bergerombol. Untuk bisa berpartisipasi caranya gampang saja kok. Hanya registrasi kemudian nanti kita diberikan pita sepanjang beberapa cm yang bisa diikatkan di lengan kita atau di pergelangan kita. Yah hanya sebagai penanda. FREE! alias tidak bayar sama sekali. Nah setelah punya pita, kita bisa ikut main apa saja.

Ini satu-satunya foto yang saya jepret saat itu X)

Saya yang tujuannya hanya mengantar Fajar (yang niatnya mau foto-foto) sih hanya menonton saja. Disana kan tidak ada yang saya kenal, jadi kurang asik juga rasanya kalau sok-sok nimbrung dengan orang-orang yang sudah punya geng sendiri. *ya eyaaalaah*

Permainan yang tersedia disana diantaranya adalah egrang, gasing, boy-boyan, lompat karet dan yang lainnya saya kurang tahu karena sepertinya sih di Jawa Barat tidak ada permainan-permainan itu. hohoho

Seru sih, Orang-orang ini begitu niat bikin acara seperti itu yang tujuannya memang ‘mengingatkan’ kita akan games-games Jadul itu. Dan kalau boleh saya tambahkan, Coba kalau acara ini bukan dimainkan oleh orang-orang yang usianya sudah diatas 18tahun seperti kemarin. Bakal lebih seru kalau permainan ini dimainkan oleh anak-anak kecil. Tujuannya benar-benar mengenalkan dan melestarikannya.

Karena kita, orang-orang yang sudah diatas 18 tahun ini tentunya tidak akan memainkan permainan ini lagi. Yah masalahnya karena kita sudah dewasa, tidak banyak waktu untuk bermain lebih baik kita berikan tugas itu kepada Anak-anak yang memang sudah seharusnya bermain, bukan main games dan main bb sambil tiduran.

And again.. Dua jempol untuk komunitas-komunitas di Makassar yang sepertinya selalu excited kalau ada acara-acara begini. Mudah-mudahan Makassar Traditional Games Festival bisa diadakan lebih sering dan daerah-daerah lain juga bisa meniru. Bandung mungkin? 😀

Advertisements

2 thoughts on “Makassar Traditional Games Festival

  1. kalau di Jakarta,kemarin ada sempet acara Traditional Game cuma tetap kurang meriah soalnya,cara membungkus event tsb terlihat kurang menarik jd yg datang juga sedikit 😦

    1. Waktu MTGF ini juga sebenernya ga terlalu gimana juga acaranya.. Tapi orang2nya pada semangat banget, makanya jadi keliatan seru gitu. Wah di Jakarta udah ada, Bandung nih belum >_<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s