Cullinary · Resep · TIPS

Resep French Fries

Tadi siang saya dibelikan sosis sebanyak setengah kilo oleh tante saya. Waktu Mamah saya masak perkedel saya kepikiran untuk bikin kentang goreng. Tadinya sih saya mau beli kentang dari supermarket tapi saya kembali mengingat bahan pengawet dan bahan-bahan aneh lainnya yang ada di dalam kentang beku begitu hati saya ciut juga. saya sudah terlalu banyak makan pengawet.

Saya mencari cara supaya kentang yang saya buat nanti tidak basah. Waktu SMA dulu di sekolah saya ada ibu-ibu yang jualan kentang goreng begitu, dan yang saya ingat kalau ibu itu dulu pakai tepung – entah tepung apa itu – lalu saya memutuskan untuk menanyakannya kepada Mbah gugel. Tepung apa kira-kira yang pantas dicampur kentang???

Dari beberapa resep akhirnya saya menemukan resep kentang goreng yang relatif mudah dan bahannya ndak njlimet. Disitu dijelaskan kalau takarannya harus benar-benar diperatikan, memang sih selama ini saya sering gagal kalau masak karena terlalu banyak improvisasi. 

Oke to the point saja yaaak, supaya bisa langsung dicoba..

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 1/2 kg kentang, potong kecil dan panjang
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/4 sdt baking powder
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
Nah katanya untuk langkah-langkah dalam proses pembuatannya juga harus benar-benar diperhatikan terutama masalah takaran dan waktu. Kali ini saya percaya saja deh dan tidak mau berimprovisasi. Daripada hancur. 😀
 

Cara Membuat

  • Panaskan air hingga mendidih dan rebus kentang hingga setengah matang.
  • Keringkan airnya dan tambahkan air dingin untuk mendinginkan kentang. Tiriskan kentang, sisihkan.
  • Campurkan kentang dengan tepung beras, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk. Aduk rata.
  • Panaskan minyak, goreng kentang dengan panas sedang hingga matang.
  • Angkat, tiriskan, siap disajikan.

Gampang kaaan? bahannya tidak terlalu banyak dan relatif mudah didapatkan juga. hasilnya memuaskan sekali. Kalau dulu goreng kentang sendiri pasti ujung-ujungnya basah dan dalamnya kadang keras, sekarang sudah tidak lagi. luarnya garing dan bagian dalamnya lembut. Dan sekarang sudah ga perlu lagi beli kentang beku di supermarket. Paling tidak kita sudah mengurangi masuknya pengawet lagi ke tubuh kita 😉
 
Leave a Reply

