Ayam Goreng / Bakar · Cullinary · Rumah Makan Sederhana

Rumah Makan Mergosari

RM Mergosari Kadungora, Garut

Sabtu lalu saya bersama keluarga saya pergi ke Garut *ih gila opening nya seperti karangan saya jaman SD* Rencana nya kami kesana untuk berenang di Darajat Pass – yang tidak terlalu saya rekomendasikan untuk dibela-belain datang ke situ pada akhir pekan sambil macet dan hujan.. – . Di tengah jalan karena jalanan cukup macet dan perut kami semua lapar, kami memutuskan untuk singgah dan makan dulu di Rumah Makan Mergosari, katanya di perjalanan berikutnya sudah tidak akan ada lagi rumah makan yang enak.

Bagian dalam RM. Mergosari Kadungora, Garut

Maka kamipun singgah di Mergosari ini. Kata mamah sih disini enak tempatnya juga enak, sekelas Ampera begitulah. Awalnya saya underestimate tapi mau bagaimana lagi, perut saya sudah lapar. Mamah saya bilang Rumah Makan Mergosari ini banyak sekali kalau perjalanan ke arah Jawa tengah, dari artikel-artikel yang saya baca sih memang awalnya Rumah Makan ini ada di Merego, perbatasan JAwa Barat dan Jawa Tengah.

Setelah sampai disana, kami tidak perlu memesan makanan, karena Pelayannya akan membawakan piring-piring penuh berisi menu makanan yang mereka sediakan. Saat kami duduk mereka membawakan satu piring melamin yang berisi 5 buah tahu goreng yang dingin, 1 piring melamin penuh dengan gepuk yang ditusuk sate lengkap dengan serundengnya dan 5 buah pepes ayam, masih diatas piring melamin. beserta lalapan lengkap dan nasi tentunya.

Sambal nya adalah sambal dadakan yang dibuat agak terlalu lama dari yang saya kira, jadi disaat kami sudah mulai makan dan hampir habis setengah nya, sambal nya baru datang.

Ayam Goreng dengan Serundeng Lengkuas yang Nikmat

Ayam goreng nya juga adalah Ayam goreng dadakan nikmat sekali, hanya saja waktu penyajiannya bagi saya memang terlalu lama, apalagi saat itu saya sudah lapar berat. Tapi soal rasa jangan ditanya. Ayam goreng nya fresh dan gurih sekali apalagi garing diluar dan dalam nya lembut dan basah jadi rasa gurih ayamnya benar-benar menyatu dengan lidah. Taburan serundengnya juga super! Ini bukan serundeng kelapa yang biasa saya makan, tapi serundeng dari parutan lengkuas yang membuat ayamnya jadi lebih gurih dan serundengnya lebih krispy daripada serundeng kelapa.. *AAAAHHH I’m drolling..”

Selain ayam goreng nya yang membuat saya nambah sampai dua kali, Ada gepuk yang ditusuk di tusukan sate dan masih dengan serundeng lengkuas. Kalau serundeng ayam rasanya krispy, garing dan rasanya asin dan gurih, serundeng pada gepuk ini agak lebih basah. Rasanya gurih namun sedikit manis. Daging nya juga empuk sangat patut dicoba.

Gepuk Mergosari dengan Serundeng Lengkuas Gurih dan Manis

Kedua serundeng ini membuat saya galau. Dua-duanya enak dengan rasa yang sama sekali berbeda. Bahkan serundeng-serundeng ini sangat enak meski dimakan tanpa lauknya. Iya, hanya dengan Nasi saja. Serundeng + Nasi membuat air liur saya menetes saat ini juga.

Selain Ayam dan Gepuk seperti yang saya sebutkan tadi, ada pepes ayam juga. Rasanya tidak spesial, lebih enak pepes ayam buatan Mamah saya. No offense tapi rasanya memang agak hambar dan warna nya juga agak pucat, apalagi kalau dibandingkan dengan ayam dan gepuk nya yang kaya rasa.

Tahu nya yang dingin dan jadi kurus..

Selain Minus dari pepes Ayamnya, Yang sangat disayangkan adalah Tahu nya yang dingin . I was expect the hot fried tofu mengingat saya adalah pecinta tahu. Saya tidak tahu sih apakah tempat ini menyediakan layanan untuk memanaskan makanan yang sudah ada seperti di Warung Nasi Ampera, karena tidak ada penawaran seperti itu maka saya memutuskan sepertinya memang tidak ada, bikin sambal saja lama sekali apalagi memanaskan kembali makanannya.. Hehehe

Sebenarnya menu nya masih banyak sih yang saya lihat di meja depan sudah tersedia perkedel jagung, perkedel kentang, gorengan udang dan lain-lain tapinya meja saya hanya kebagian ini, lagipula makanannya dingin dan Ayam serta Gepuk nya sudah sangat mengobati rasa lapar dan dengan dua menu itu rasanya saya tidak butuh makanan lainnya. Hohoho

Overall saya puas sih dengan Nasi nya yang pulen, ayam goreng dan gepuk serta sambal nya, Apalagi harganya cukup murah. Rumah Makan Mergosari ini bisa jadi alternatif kalau kalian sedang dalam perjalanan menuju jawa tengah, cabang nya juga banyak. Dan saya juga pasti akan mampir lagi untuk menghabisi ayam goreng serundeng lengkuas nya.. Kyaaaa…

Say Cheeeeesssseeeeeee..!!

Leave a Reply

