curhatsampah

Hari Ini Beserta Berita-Berita Buruk

What Happened today?

Kayaknya semua berita yang saya dengar hari ini kebanyakan bukan berita yang bagus. Semuanya menyedihkan. Pertama, Kiki-nya Manda masuk HCU, saya baru saja membacanya di twitter @zaramanda, Semoga kiki cepat baikan dan kembali ke rumah 😦

Kedua, Opungnya Ndoro besar meninggal 😦

Meskipun saya tidak punya keterikatan khusus dengan Opung tapi saya sempat beberapa kali bertemu dengannya, dia seorang nenek yang sangat menyenangkan. Lucu ramah dan seorang tuan rumah yang sangat baik. Semoga opung mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.

Dan yang terakhir tante saya.. 😦

Sudah hampir 2 minggu ini tante saya masuk rumah sakit. Selama satu minggu ini penyakitnya belum diketahui juga. 3 bulan yang lalu saat saya menikah dan semua orang berkumpul di rumah saya untuk memasak makanan, tante saya terpeleset di halaman belakang rumah saya, setelah itu dia baik-baik saja hanya sakit yang wajar bahkan pertengahan Oktober lalu dia masih sehat wal afiat dan bisa ikut hadir di resepsi pernikahan saya di Makassar.

Sebulan lalu kaki nya semakin sakit. Semua orang berpikir kalau itu adalah efek dari terpelesetnya dia waktu acara nikahan saya. Sampai akhirnya dia tidak bisa berjalan sama sekali setelah kaki nya dengan tidak sengaja tersenggol oleh anaknya, Jasmine. Dia yang biasa datang ke rumah setiap hari sabtu bilang kalau dia tidak bisa datang karena kakinya semakin parah dan meminta kami untuk datang keesokan harinya.

Pada hari minggunya kami sekeluarga datang untuk menengok. Keadaan tante saya baik-baik saja kecuali kakinya yang sakit ketika digerakkan. Dan kami pikir itu semua masih baik-baik saja.

Semua terjadi dengan begitu cepat sampai minggu lalu dia masuk rumah sakit. Keadaannya masih baik-baik saja kecuali kakinya yang masih sakit ketika digerakkan. Dokternyapun sampai gemas karena tidak bisa mendiagnosa penyakit apa yang diderita tante saya, dan seperti biasa ketika sudah desperate tebak-tebakan penyakit, muncullah prasangka ke arah hal berbau mistis.

Akhirnya dokter menyarankan tante saya untuk diperiksa dengan MRI supaya semuanya menjadi jelas. Dan hasilnya keluar hari ini.

Rasa kaget bercampur sedih bahkan tidak percaya bercampur menjadi satu ketika Oom saya datang dan ngobrol dengan Mamah saya. Meskipun mereka mengobrol dengan volume suara yang sangaaaatt kecil namun masih bisa saya dengar sedikit-sedikit. Tante saya mengidap kanker ganas. Entah stadium berapa namun penyakitnya sudah cukup parah.

Tante saya memang punya riwayat kanker. Sudah lebih dari 10 tahun ada benjolan di payudaranya. Sepertinya dia mengabaikannya, dia pernah mencoba pengobatan alternatif tapi tidak lama kemudian dia berhenti berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Yang saya rasakan sih dia tidak menganggap serius penyakitnya dan berbaik sangka kalau benjolan itu bukan kanker. Dia tidak pernah merasa bermasalah dengan benjolan itu hidupnya baik-baik saja dan kegiatan sehari-harinyapun biasa saja.

Dan sampailah kita di hari ini ketika hasil pemeriksaan tante saya keluar dan pemicu sakit kaki nya itu katanya kanker yang sudah menjalar ke tulang. Dokternya bilang ‘sekarang sih kalau dia mau apa, kasih saja..’ . But then again, Takdir hanya tuhan yang tahu, hidup atau mati itu rahasia Tuhan, kalau tante saya masih bersemangat dan punya keyakinan untuk sembuh saya yakin Tuhan akan memberikan jalan.

Tante saya masih belum tahu hasilnya seperti apa, Semuanya serba salah. Semuanya sedih.

Saya tidak tahu kalau saya akan menghadapi keadaan seperti ini ketika tante saya ternyata sedang sakit separah itu, dan dia sendiri tidak tahu. Semuanya awkward dan Terasa menyedihkan. Situasinya lebih drama dari film drama manapun.

Sedih sekali ketika tadi sore saya datang ke RS untuk berkunjung sebentar, tante saya masih santai seperti biasa. Saya harus berpura-pura tidak tahu apa-apa. Berusaha ceria padahal tidak. Mamah saya menyuruh saya datang ke Rumah Sakit hanya untuk mengecek bagaimana keadaan tante saya. Sedih atau tidak? Dan ternyata dia masih belum tahu.

Saya hanya ingin dia kembali seperti sedia kala bagaimanapun caranya. Dia punya seorang anak berusia 5 tahun yang sangat lucu sekali. Mudah-mudahan dia selalu diberikan semangat paling tidak dia harus selalu sadar bahwa Jasmine selalu menunggunya untuk sembuh dan kembali seperti sedia kala… We love you bi 😦

Leave a Reply

