curhatsampah

♥A bit Notes About My Lovely Woman..♥

mom and daughter22 Desember 2010. Hari ibu di Indonesia.
Seumur hidup menjalani hidup bersama mamah saya, saya tidak pernah sekalipun mengatakan “I love you mom” atau “nia sayang mamah..” Sangat sulit. Saya dan dia bukan tipe orang yang seperti itu. Saya takut malah dia yang superwoman dan super gengsi ini akan menangis tersedu-sedu begitu mendengarkan saya mengatakan itu. Hahahahaha

Mamah saya adalah THE TOUGHEST WOMEN IN THE WORLD.. Kalau tidak ada kejadian itu mungkin saya dan dia tidak akan pernah bisa sedekat ini dan saya tidak akan pernah tau isi hatinya..

Saya masih ingat betul bagaimana dia berjuang demi saya dan kakak saya. Dia tidak pernah menangis. Paling tidak di hadapan kedua anaknya ini. Semua kata-kata orang yang membuat dia sakit hati, tidak dia hiraukan. Bahkan ketika marah ataupun sedih, dia lebih memilih untuk keluar dan ngobrol santai dengan tetangga daripada duduk dalam kesendirian sambil meratapi hidup. 😀

Mamah saya adalah orang yang dididik untuk selalu bekerja keras. Dia bukan anak orang kaya, dan bukan orang yang berpendidikan tinggi. Dibalik semua itu dia adalah orang yang mempersiapkan masa depan anaknya dengan cukup matang. Mulai dari pendidikan dan segalanya.

Saya dan Kakak saya tidak pernah kekurangan, Meskipun tidak pernah bisa hidup berlebih-lebihan dengan belanja baju-baju yang sedang jadi trend atau gadget-gadet seperti orang lain. Karena mamah saya adalah orang yang akan menghabiskan ratusan juta demi menyekolahkan anaknya, tapi akan berfikir sejuta kali untuk mengeluarkan uang lima ratus ribu untuk memberikan tambahan kepada anak-anaknya yang ingin ganti Hp. Saya benar-benar merasakan itu.

Bahkan disaat keadaan saya di bawah pun tak pernah sekalipun saya nunggak SPP. Hahahaahaha. That is my mom.. Dia akan memberikan segalanya yang penting anak-anaknya sekolah dengan baik.

Saya tahu mamah saya sangat sakit hati ketika saya tidak bisa melanjutkan kuliah. Apalagi melihat saya yang hidup segan mati-pun tak mau saat itu. Baru saya sadari, saat itu bukan hanya saya yang sakit hati. Tapi Mamah saya melihat keadaan saya saat itu yang lebih sakit hati.. Untunglah saat itu saya tidak menanggapi nya dengan marah-marah sehingga saya tidak menambah bebannya.

Dia juga yang memberikan saya support ketika itu. Meskipun tidak secara lugas, tapi dia terus-menerus bercerita tentang kehidupan. Hidup bukan hanya tentang kuliah lalu bekerja saja. Dia menawarkan saya banyak pilihan, mengajari saya menjahit, sampai menyuruh saya kursus bahasa mandarin LOL

Saat saya harus bekerja di sebuah CV dan saya di tempatkan di pabriknya langsung -bukan sebagai bagian administrasi..tapi bagian produksi- setiap pulang kaki saya pegal nya bukan main dan rasanya ingin sekali menangis. Tapi ketika melihat mamah saya, saya berusaha tidak menangis sedikit pun. Tanpa saya menangis, saya tahu dia sudah cukup sakit hati melihat salah satu anaknya harus bekerja di pabrik sementara yang satu lagi kuliah di Fakultas hukum di sebuah Universitas paling bergengsi yang biaya nya sangat ngajak miskin. Saya tahu kenapa mamah saya berani memasukan kakak saya kesitu. Karena dia yakin kelak, kakak sayalah yang harus bertanggung jawab terhadap saya. Maka dia siapkan kakak saya pendidikan yang sangat layak, di masa depan, ketikan kakak saya sukses, paling tidak saya pun tidak akan menderita. Halah..

Dulu, ketika saya bekerja dari satu tempat ke tempat lainnya, setiap malam mamah selalu menyediakan saya makan malam. Sweet isn’t it? Dan dia selalu bertanya “tadi ngapain aja?”

Ketika saya ada interview di gramedia IP, dia sengaja membuatkan saya sebuah blus dan rok untuk saya interview, meskipun akhirnya tidak lolos. Heheehehe

Dia orang yang sangat demokratis. Seingat saya dia tidak pernah memaksakan kehendak nya. Mulai dari pilihan sekolah, Jurusan bahkan pasangan. 😀

Saat itu ada panggilan untuk saya bekerja di sebuah factory outlet di Bandung, dan pekerjaan saya saat itu adalah Guru les privat. Hahahaha.. Saat saya mengatakan saya tidak mau jadi SPG, dia bilang Ok..

Dan ketika saya sedang belajar menjahit dan sudah cukup lancar, saya bilang saya mau berhenti dulu dan mau fokus jualan online, meskipun berat tapi dia setuju. Hingga saya seperti sekarang pun itu karena dia. Karena semua dukungan nya dan kepercayaannya terhadap saya.

Dulu saya pembangkang, selalu membuat mamah saya marah. Ketika saya pikir mamah saya resek, sebenarnya saya-lah yang menyebalkan sehingga mamah saya marah.

Semakin saya dewasa, semakin saya sadari kekhawatiran mamah saya, kepeduliannya dan ketakutan nya akan masa depan saya.

Entah kenapa hal ini sering terlintas di kepala saya belakangan ini, melihat teman-teman saya sudah cukup banyak yang menikah, Kalau saya menikah nanti, bagaimana dengan mamah saya? Rasanya akan sangat berat sekali berpisah dengan nya. Tapi mengingat dia adalah wanita super yang sangat mandiri dan baik hati, saya tak perlu terlalu khawatir meninggalkan dia kelak. Hehehehehe

Saya marah kalau ada yang mengatakan hal yang tidak-tidak tentang dia, bahkan kalau itu saudara atau orang-orang terdekat saya. Saya tidak peduli kalau dia bukan “wanita terbaik” dimata orang lain, yang saya tahu dialah yang selalu berada di samping saya ketika saya membutuhkan support, dia yang selalu membantu dan mendampingi saya ketika saya jatuh dan dengan sabarnya menuntun saya ke jalan yang baik..

Mungkin saya tidak bisa mengatakan nya secara langsung. Saya belum bisa membuat Mamah saya bahagia sepenuhnya, meskipun saya yakin dia sudah bahagia dan tenang melihat saya dan Kakak saya sekarang. Saya tahu ini belum cukup, I’m still trying. I always try to be a better daughter for her.

Selamat hari ibu, Mah.. Thank’s for everything you’ve given to me. Thank’s for always stand beside me whenever I’m down and happy. I love you with all my heart. Everyday. Not only today on Hari Ibu..

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “♥A bit Notes About My Lovely Woman..♥

Leave a Reply

